Sejak kita mengenal bangku sekolah,
kita selalu dicecoki tentang pentingnya belajar bagi masa depan kita. Sejak
masa kanak-kanak, kata belajar seperti sebuah ultimatum yang menyatakan bahwa
jika kita ingin menjadi orang sukses maka kita harus rajin belajar. Sayangnya,
sejak kita mengenal kata belajar tidak ada satu pun dari orang tua kita yang
menjelaskan kepada kita pengertian belajar
sesungguhnya.
Kita hanya mengenal bahwa belajar
adalah memegang buku dan membaca isi buku tersebut agar jika ada ulangan, kita
bisa mendapatkan nilai yang bagus. Memang mengetahui pengertian belajar
yang sesungguhnya tidak membuat kita langsung pintar, tapi dengan mengetahui
pengertian belajar tersebut maka kita akan mengetahui dengan jelas apa
sesungguhnya esensi dari belajar itu.
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Ada banyak pengertian belajar
menurut para ahli yang bisa kita pelajari. Dengan mengetahui pengertian belajar
tersebut, diharapkan agar kita juga dapat memberikan pengertian belajar
tersebut kepada anak-anak kita sehingga anak-anak dapat mengetahui dan memahami
esensi dari pengertian belajar yang sesungguhnya. Berikut ini beberapa
pengertian belajar menurut para ahli yang dapat kita ambil esensinya.
1. Pengertian Belajar Menurut Gagne
Pengertian belajar dalam bukunya
yang berjudul The Conditions
of Learning yang ditulisnya sekitar tahun 1977, pengertian belajar
itu artinya adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah
laku, di mana perubahan tingkah laku tersebut akan membuat seorang individu
menjadi berbeda sebelum belajar dan sesudah melakukan kegiatan belajar. Masih
menurut Gagne yang menulis pengertian belajar ini, bahwa perubahan tingkah laku
pada manusia yang telah belajar tersebut diakibatkan dari pengalaman dan
latihan individu tersebut selama belajar.
2. Pengertian Belajar Menurut
Ernest R. Hilgrad
Pengertian belajar menurut Ernest
R. Hilgrad yang dituliskan kembali oleh Sumardi Suryabrata pada 1984,
pengertian belajar adalah suatu proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja,
yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang
ditimbulkan oleh lainnya.
Dari pengertian belajar yang
dituliskan oleh Ernest R. Hilgard ini, kita jadi mengetahui bahwa pengertian
belajar itu mengandung suatu proses di mana akhirnya dengan proses tersebut
kita akan mengalami suatu perubahan kondisi diri kita dari yang sebelumnya
tidak tahu menjadi tahu.
3. Pengertian Belajar Menurut Moh.
Surya
Pengertian belajar yang selanjutnya
adalah pengertian belajar yang dituliskan oleh Moh. Surya. Dalam bukunya yang
ditulis pada 1981, Moh. Surya menuliskan bahwa pengertian belajar itu adalah
suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan
tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu
tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Pengertian belajar yang dituliskan
oleh Moh. Surya ini hampir mirip dengan pengertian belajar menurut Winkel.
Menurut Winkel pengertian belajar itu adalah semua aktivitas mental yang
berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan yang menghasilkan
perubahan-perubahan di dalam pengelolaan pemahaman.
Dari pengertian belajar menurut Moh. Surya dan
Winkel ini dapat kita ketahui bahwa di dalam pengertian belajar itu sudah
terkandung suatu proses di mana dengan belajar kita akan berusaha memahami apa
yang sebelumnya tidak kita ketahui. Belajar membuat kita berusaha memahami apa
yang belum kita ketahui dan setelah kita selesai dan memahami apa yang kita
pelajari.
Oleh karena itu, kita akan
mengalami perubahan perilaku dan pengetahuan akibat dari apa yang kita pelajari
tersebut. Pengertian belajar mengandung suatu perubahan di dalam diri kita
yang membuat kita harus melalui berbagai proses pemahaman dalam kehidupan dan
pemahaman tersebutlah yang akan membawa kita kepada suatu kesuksesan di mana
yang akan datang.
4. Pengertian Belajar
Menurut Whiterington
Whiterington mengatakan bahwa
pengertian belajar itu adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian yang
dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang
baru nyata dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kesanggupan dan sikap.
Dari pengertian belajar yang
diberikan oleh Whiterington ini kita dapat mengetahui esensi belajar itu adalah
perubahan kepribadian yang didalamnya termasuk perubahan keterampilan,
kebiasaan serta perubahan sikap dan perubahan kesanggupan. Contohnya, dari
pengertian belajar kita mengetahui bahwa belajar itu proses mengetahui sesuatu
yang belum kita ketahui.
Lalu, ketika kita belajar, kita
mengetahui bahwa mencuci tangan sebelum makan akan sangat berguna untuk menjaga
kesehatan tubuh kita. Karena kita telah mengetahui bahwa mencuci tangan akan
membuat kita sehat maka sejak itu perubahan kebiasaan kita terjadi, kita selalu
mencuci tangan kita terlebih dahulu sebelum makan.
Pengertian Belajar dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebelum mengetahui pengertian
belajar menurut para ahli, kebanyakan dari kita beranggapan bahwa belajar
adalah menghapalkan materi yang diberikan oleh guru atau dosen kita di sekolah
atau di kampus dan menuliskan kembali yang kita pelajari tersebut di dalam
ulangan atau tes dan berharap akan mendapatkan nilai yang bagus dan naik kelas.
Padahal dari pengertian belajar
yang sesungguhnya, ada proses yang harus kita lalui yaitu suatu pemahaman
berbagai pengetahuan yang akan membawa kita pada suatu perkembangan pandangan
di mana pandangan tersebut akan membuat kita mampu berinteraksi dengan
lingkungan kita sebagai individu yang lebih baik.
Sayangnya, pengertian belajar ini
tidak diajarkan kepada para murid sejak di bangku sekolah dasar. Sehingga bagi
anak-anak tersebut, belajar adalah proses menghapal dan sarana untuk
mendapatkan nilai yang bagus. Seandainya pengertian belajar ini sudah diajarkan
sejak awal baik oleh para guru di sekolah-sekolah atau bahkan oleh para orang
tua di rumah, maka akan ada lebih banyak lagi anak-anak yang benar-benar paham
apa yang sebenarnya terkandung di dalam pengertian belajar.
Dengan pengertian belajar yang
sudah dipahami dengan baik itu pula maka pandangan akan arti belajar sendiri
pastilah akan jauh berbeda dan membawa hasil yang lebih baik, tidak saja hanya
sebagai sarana untuk mendapatkan nilai bagus dan naik kelas, tapi pandangan yang
lebih global di mana dengan memahami pengertian belajar maka anak ada lebih
banyak anak lagi yang menikmati proses belajar sebagai petualangan untuk
mencari tahu sesuatu yang belum di ketahui.
Ketika kita belajar bahwa menjaga
kebersihan akan membantu meningkatkan kualitas hidup manusia, maka sejak kita
mengetahui pengertian belajar tersebut maka kita akan mulai mengubah kebiasaan
kita yang berkaitan dengan menjaga kebersihan lingkungan seperti menjaga
kebersihan lingkungan tempat tinggal kita dan membiasakan membuang sampah pada
tempatnya.
Dengan pengertian belajar yang kita
ketahui ini, maka kita akan berusaha memahami setiap bahan yang harus kita
pelajari. Pengertian belajar yang mengatakan bahwa belajar itu adalah suatu
proses pemahaman membuat kita juga mengetahui bahwa belajar itu tidak hanya
bisa dilakukan dengan memegang buku. Kita bisa belajar dari banyak hal. Dari
lingkungan di sekitar kita, dari hewan dan tumbuhan, dari benda-benda bahkan
kita bisa belajar dari fenomena alam yang terjadi.
Pengertian belajar membuat pola
belajar seseorang bisa berubah dari yang hanya menghapal saja tanpa berusaha
memahami apa yang dibacanya menjadi berusaha memahami bacaan tersebut dan
pemahaman itu membuat ia berusaha menerapkan apa yang dipelajarinya di dalam
kehidupan sehari-hari.
Untuk itu, sangat penting bagi kita
mulai saat ini, memberikan pengertian belajar ini kepada anak-anak yang
ada di sekitar kita. Pemahaman akan pengertian belajar akan membawa dampak yang
sangat baik bagi anak-anak dalam memandang kegiatan belajar yang terkadang
membuat sebagian dari anak-anak tersebut merasa tertekan.
0 komentar:
Posting Komentar