Jumat, 27 Juli 2012

Pengertian Belajar dan Kegunaannya


Sejak kita mengenal bangku sekolah, kita selalu dicecoki tentang pentingnya belajar bagi masa depan kita. Sejak masa kanak-kanak, kata belajar seperti sebuah ultimatum yang menyatakan bahwa jika kita ingin menjadi orang sukses maka kita harus rajin belajar. Sayangnya, sejak kita mengenal kata belajar tidak ada satu pun dari orang tua kita yang menjelaskan kepada kita pengertian belajar sesungguhnya.
Kita hanya mengenal bahwa belajar adalah memegang buku dan membaca isi buku tersebut agar jika ada ulangan, kita bisa mendapatkan nilai yang bagus. Memang mengetahui pengertian belajar yang sesungguhnya tidak membuat kita langsung pintar, tapi dengan mengetahui pengertian belajar tersebut maka kita akan mengetahui dengan jelas apa sesungguhnya esensi dari belajar itu.
Pengertian Belajar Menurut Para Ahli
Ada banyak pengertian belajar menurut para ahli yang bisa kita pelajari. Dengan mengetahui pengertian belajar tersebut, diharapkan agar kita juga dapat memberikan pengertian belajar tersebut kepada anak-anak kita sehingga anak-anak dapat mengetahui dan memahami esensi dari pengertian belajar yang sesungguhnya. Berikut ini beberapa pengertian belajar menurut para ahli yang dapat kita ambil esensinya.
1. Pengertian Belajar Menurut Gagne
Pengertian belajar dalam bukunya yang berjudul The Conditions of Learning yang ditulisnya sekitar tahun 1977, pengertian belajar itu artinya adalah sejenis perubahan yang diperlihatkan dalam perubahan tingkah laku, di mana perubahan tingkah laku tersebut akan membuat seorang individu menjadi berbeda sebelum belajar dan sesudah melakukan kegiatan belajar. Masih menurut Gagne yang menulis pengertian belajar ini, bahwa perubahan tingkah laku pada manusia yang telah belajar tersebut diakibatkan dari pengalaman dan latihan individu tersebut selama belajar.
2. Pengertian Belajar Menurut Ernest R. Hilgrad
Pengertian belajar menurut Ernest R. Hilgrad yang dituliskan kembali oleh Sumardi Suryabrata pada 1984, pengertian belajar adalah suatu proses perbuatan yang dilakukan dengan sengaja, yang kemudian menimbulkan perubahan yang keadaannya berbeda dari perubahan yang ditimbulkan oleh lainnya.
Dari pengertian belajar yang dituliskan oleh Ernest R. Hilgard ini, kita jadi mengetahui bahwa pengertian belajar itu mengandung suatu proses di mana akhirnya dengan proses tersebut kita akan mengalami suatu perubahan kondisi diri kita dari yang sebelumnya tidak tahu menjadi tahu.
3. Pengertian Belajar Menurut Moh. Surya
Pengertian belajar yang selanjutnya adalah pengertian belajar yang dituliskan oleh Moh. Surya. Dalam bukunya yang ditulis pada 1981, Moh. Surya menuliskan bahwa pengertian belajar itu adalah suatu proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalaman individu tersebut dalam berinteraksi dengan lingkungannya.
Pengertian belajar yang dituliskan oleh Moh. Surya ini hampir mirip dengan pengertian belajar menurut Winkel. Menurut Winkel pengertian belajar itu adalah semua aktivitas mental yang berlangsung dalam interaksi aktif dalam lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan di dalam pengelolaan pemahaman.
Dari pengertian belajar menurut Moh. Surya dan Winkel ini dapat kita ketahui bahwa di dalam pengertian belajar itu sudah terkandung suatu proses di mana dengan belajar kita akan berusaha memahami apa yang sebelumnya tidak kita ketahui. Belajar membuat kita berusaha memahami apa yang belum kita ketahui dan setelah kita selesai dan memahami apa yang kita pelajari.
Oleh karena itu, kita akan mengalami perubahan perilaku dan pengetahuan akibat dari apa yang kita pelajari tersebut. Pengertian belajar mengandung suatu perubahan di dalam diri kita yang membuat kita harus melalui berbagai proses pemahaman dalam kehidupan dan pemahaman tersebutlah yang akan membawa kita kepada suatu kesuksesan di mana yang akan datang.
4. Pengertian Belajar Menurut Whiterington
Whiterington mengatakan bahwa pengertian belajar itu adalah suatu proses perubahan dalam kepribadian yang dimanifestasikan dalam perubahan penguasaan pola-pola respon tingkah laku yang baru nyata dalam perubahan keterampilan, kebiasaan, kesanggupan dan sikap.
Dari pengertian belajar yang diberikan oleh Whiterington ini kita dapat mengetahui esensi belajar itu adalah perubahan kepribadian yang didalamnya termasuk perubahan keterampilan, kebiasaan serta perubahan sikap dan perubahan kesanggupan. Contohnya, dari pengertian belajar kita mengetahui bahwa belajar itu proses mengetahui sesuatu yang belum kita ketahui.
Lalu, ketika kita belajar, kita mengetahui bahwa mencuci tangan sebelum makan akan sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Karena kita telah mengetahui bahwa mencuci tangan akan membuat kita sehat maka sejak itu perubahan kebiasaan kita terjadi, kita selalu mencuci tangan kita terlebih dahulu sebelum makan.
Pengertian Belajar dalam Kehidupan Sehari-hari
Sebelum mengetahui pengertian belajar menurut para ahli, kebanyakan dari kita beranggapan bahwa belajar adalah menghapalkan materi yang diberikan oleh guru atau dosen kita di sekolah atau di kampus dan menuliskan kembali yang kita pelajari tersebut di dalam ulangan atau tes dan berharap akan mendapatkan nilai yang bagus dan naik kelas.
Padahal dari pengertian belajar yang sesungguhnya, ada proses yang harus kita lalui yaitu suatu pemahaman berbagai pengetahuan yang akan membawa kita pada suatu perkembangan pandangan di mana pandangan tersebut akan membuat kita mampu berinteraksi dengan lingkungan kita sebagai individu yang lebih baik.
Sayangnya, pengertian belajar ini tidak diajarkan kepada para murid sejak di bangku sekolah dasar. Sehingga bagi anak-anak tersebut, belajar adalah proses menghapal dan sarana untuk mendapatkan nilai yang bagus. Seandainya pengertian belajar ini sudah diajarkan sejak awal baik oleh para guru di sekolah-sekolah atau bahkan oleh para orang tua di rumah, maka akan ada lebih banyak lagi anak-anak yang benar-benar paham apa yang sebenarnya terkandung di dalam pengertian belajar.
Dengan pengertian belajar yang sudah dipahami dengan baik itu pula maka pandangan akan arti belajar sendiri pastilah akan jauh berbeda dan membawa hasil yang lebih baik, tidak saja hanya sebagai sarana untuk mendapatkan nilai bagus dan naik kelas, tapi pandangan yang lebih global di mana dengan memahami pengertian belajar maka anak ada lebih banyak anak lagi yang menikmati proses belajar sebagai petualangan untuk mencari tahu sesuatu yang belum di ketahui.
Ketika kita belajar bahwa menjaga kebersihan akan membantu meningkatkan kualitas hidup manusia, maka sejak kita mengetahui pengertian belajar tersebut maka kita akan mulai mengubah kebiasaan kita yang berkaitan dengan menjaga kebersihan lingkungan seperti menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal kita dan membiasakan membuang sampah pada tempatnya.
Dengan pengertian belajar yang kita ketahui ini, maka kita akan berusaha memahami setiap bahan yang harus kita pelajari. Pengertian belajar yang mengatakan bahwa belajar itu adalah suatu proses pemahaman membuat kita juga mengetahui bahwa belajar itu tidak hanya bisa dilakukan dengan memegang buku. Kita bisa belajar dari banyak hal. Dari lingkungan di sekitar kita, dari hewan dan tumbuhan, dari benda-benda bahkan kita bisa belajar dari fenomena alam yang terjadi.
Pengertian belajar membuat pola belajar seseorang bisa berubah dari yang hanya menghapal saja tanpa berusaha memahami apa yang dibacanya menjadi berusaha memahami bacaan tersebut dan pemahaman itu membuat ia berusaha menerapkan apa yang dipelajarinya di dalam kehidupan sehari-hari.
Untuk itu, sangat penting bagi kita mulai saat ini, memberikan pengertian belajar ini kepada anak-anak yang ada di sekitar kita. Pemahaman akan pengertian belajar akan membawa dampak yang sangat baik bagi anak-anak dalam memandang kegiatan belajar yang terkadang membuat sebagian dari anak-anak tersebut merasa tertekan.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Read More : http://fathuraksal.blogspot.com/2012/05/cara-membuat-tombol-next-page-pada-blog.html#ixzz21ndgEojy